Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV Tabung & LED

Sudah tahukah kamu mengenai cara menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV? Informasi mengenai cara menggunakan HDMI Dongle ke TV saat ini banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Sebab, tidak bisa dipungkiri kalau saat ini keberadaan teknologi sudah memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari hampir seluruh manusia.

Seiring berjalannya waktu, baik di Indonesia sendiri maupun di luar negeri, kecanggihan teknologi terus mengalami peningkatan. Bahkan, saat ini kamu sudah mampu memanfaatkan smartphone untuk menonton berbagai macam atau genre video via situs atau pun aplikasi tertentu.

Selain itu, saat ini masyarakat Indonesia juga sudah bisa menikmati layanan dari sebuah aplikasi yang mampu menampilkan layar smartphone ke TV supaya dapat menikmati sebuah video dengan tampilan yang lebih jelas lagi. Contohnya dengan adanya perangkat yang bisa memproyeksikan layar smartphone ke TV yaitu HDMI Dongle Anycast.

Perangkat yang bernama HDMI Dongle Anycast ini ialah salah satu perangkat yang bisa kamu manfaatkan dengan baik dan mudah untuk menampilkan layar smartphone ke TV. Tidak ada pengecualian jenis TV untuk menggunakan perangkat yang satu ini, jadi baik itu TV LED atau pun TV tabung bisa menggunakan perangkat HDMI Dongle Anycast.

Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV Tabung dan LED

Satu hal yang perlu kamu ingat sebelum menyambungkan layar ponsel ke TV dengan menggunakan perangkat HDMI Dongle Anycast adalah kamu wajib memastikan bahwa TV yang kamu miliki sudah memiliki port HDMI. Namun, kalau semisal TV yang kamu miliki belum memiliki port HDMI, kamu juga bisa menggunakan kabel adapter converter RCA to HDMI. Syarat penggunaan ini harus dilengkapi baik untuk TV LED maupun TV tabung.

Nah, sekarang sudah waktunya bagi kita untuk membahas mengenai cara menggunakan Dongle untuk menyambungkan atau menampilkan layar ponsel ke TV, berikut langkah-langkah mudahnya:

1. Tancapkan perangkat Dongle Anycast ke port HDMI

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai kegiatan ini adalah memastikan bahwa kamu sudah menancapkan perangkat Dongle Anycast ke port HDMI dengan tepat dan benar-benar tidak ada kesalahan.

2. Masukkan charger ke perangkat Dongle Anycast

Langkah selanjutnya adalah masukkan charger ke perangkat Dongle Anycast. Untuk sumber dayanya, kamu perlu memasukkannya ke port USB atau charger adaptor.

3. Masuk ke menu pengaturan atau setting HDMI pada TV

Setelah itu, masuk ke menu pengaturan atau setting HDMI yang ada pada TV milikmu. Selain itu, kamu juga perlu memastikan apakah mode miracast sudah benar-benar kamu aktifkan. Kalau ternyata kamu kelupaan belum mengaktifkannya, segera aktifkan terlebih dahulu.

4. Install atau pasang aplikasi Miracast yang ada pada Playstore

Selanjutnya kamu perlu menginstall atau mengunduh aplikasi Miracast yang tersedia pada Playstore terlebih dahulu.

5. Buka aplikasi Miracast

Buka aplikasi Miracast dan tekan tombol “Connect”. Setelah itu aktifkan interaksi multilayer atau pencerminan layar (Smart View).

6. Tekan Anycast

Setelah aktif, maka kamu akan melihat nama perangkat pada ponsel dengan nama Anycast. Nah, cobalah untuk menekan Anycast tersebut dan tunggu hingga HP atau ponsel tersambung ke TV selama beberapa saat.

7. Pengecekan terakhir

Sebenarnya setelah menekan Anycast, cara ini sudah bisa dibilang sukses. Namun, bagaimana kalau ternyata masih belum terkoneksi? Maka kamu perlu memastikan lagi apakah semua mode yang digunakan sudah benar­-benar kamu lakukan tanpa kesalahan satu pun.

Langkah-langkah ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan oleh sebagian orang. Apalagi, semakin ke sini tentu semakin sedikit manusia yang buta akan teknologi, jadi tentu langkah-langkah ini sangatlah mudah untuk diikuti. Lagipula kamu juga tidak perlu ilmu khusus untuk melakukan langkah-langkah di atas.

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Perangkat HDMI Dongle Anycast

Meskipun cara penggunaanya terbilang mudah dan tidak membutuhkan ilmu khusus, tapi perangkat yang satu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk menyikapi kelebihan dan kekurangan yang HDMI Dongle Anycast miliki dengan baik dan benar, kamu perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki.

Kelebihan HDMI Dongle Anycast

Kelebihan dari perangkat HDMI Dongle Anycast sangatlah mudah untuk ditemui yaitu mudah untuk menggunakannya dan harganya tergolong sangat terjangkau sehingga semua orang bisa dengan mudah membelinya atau memakainya.

Kekurangan HDMI Dongle Anycast

Untuk kekurangan dari perangkat HDMI Dongle Anycast sendiri adalah terdapat pada proses pairing-nya yang terbilang cukup lama dan sambungannya kurang stabil. Kekurangan ini sebenarnya tidak selalu terjadi, tapi juga tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan kekurangan dari HDMI Dongle Anycast ini. Jadi, kamu perlu memiliki kesabaran yang tinggi untuk menggunakannya, apalagi buat kamu yang masih baru menggunakannya.

Jadi, kesimpulannya adalah cara menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV sangatlah mudah untuk dilakukan. Hanya dengan membaca artikel seperti ini saja kamu pasti sudah bisa menggunakannya dengan lancar. Semoga artikel ini dapat membantu banyak orang.

Leave a Comment